Search

Rabu, 15 September 2010

Seputar Kelistrikan

 Originally Posted by LEDboy 
wah kalo aki tekor penyebabnya macem2 gan..
1. kiprok bermasalah..
2. aer aki telat ngisi sel2 aki rusak..
3. aki jadi gak bisa nyimpen listrik lagi..
4. yang paling parah spool bermasalah..

kalo dibikin fullwave itu pengisian dibikin lebih stabil gan.. bahkan 2x lipat lebih cepet dari aslinya.. n tentu saja kalo pemasangan benar ada bagian pembuangan jga kalo overcharge jadi aki tetep bisa awet.. nah otomatiskan kelistrikan di bikin DC yang tergantung bgt ama aki.. ini yang jadi masalah kalo kalo kelistrikan dah di bikin DC tapi aki jadi tekor..

smeentara ini sih yang tak bantu buat temen2 KSR jogja di bikin semi DC ( alias melotot duanx.. ) sementara spool pengisian masih halfwave, soalnya kalo kebutuhan kelistrikan masih standar2 aja kliatane half wave masih ok, kecuali adah pake HID, strobo, lampu tembak n klkason gede bgt..

gampang kok bikin melotot gan.. ( khusus kendaraan yang masih standar penggunaan kelistrikannya ya n gak pake tambahan macem2 kelistrikan di motor ) cuma modal sebuah kabel sepanjang 10cm doank.. ama sekun gepeng sebiji.. kelar + melotot deh..

 Originally Posted by wirajaya
melanjutkan yang diatas.. :D :D
oprek2 sendiri dirumah bisa kok, paling lama cuma 30menit lho.. :D :D

cara bikin kelistrikan melotot halfwave ( semi DC ) kiprok standar

1. buka tangki ama body kanan dahulu ( beda letak kiprok buat pio 2005 kebawah ama 2005 keatas )..

2. cari kiprok n perhatikan di soket hijau, lepas dulu soket hijau dari kiprok, ada 4 kabel kan merah, hitam, putih n kuning strip merah, nah ambil obeng kacamata pipih ( paling kecil ) lepas tuh soket kabel kuning strip merah dari rumah soket yang ijo, setelah copot..

3. ambil seutas kabel kalo bisa warna kuning juga bros, pasang sekun gepeng diujung kabel tsb, usahakan pemasangan sekun bener2 fix n kenceng ( harus di bikin patent kalo bisa, kalo ane tak solder sisan.. )..

4. sambungkan kabel baru tadi dengan kabel kuning strip merah di step 2 tadi yang telah di copot tadi ( jadi sekun gunanya agar besok kalo mo di balikan standar lebih gampang ) nah ujung yang masih terbebas dari kabel baru tadi disambungkan/dijumper dengan kabel coklat yang ada di kanan bawah rangka yang nyambung ke sensor kabel rem difootpeg kanan bawah ( pio 2006-2009 soalnya kiprok ada di body kanan n jalur terdekat ya kabel coklat dari sensor pijakan rem belakang ) ato di flasher ( pio 2005-2000 kabel coklat ada di sekitarn kiprok bisa dari flasher sein/flasher satunya ) isolasi sambungan/jumper kabel tersebut agar kedap aer

5. dibawah tangki ada kabel2 banyak, di bagian tepat diatas filter, cari sebuah soket yang ada 3 kabel di soket itu ( diurut aja bros kalo susah dari blok kiri keatas, kabelnya item putih n kuning ) perhatikan gan yang bagian kuning sisi yang masuk ke blok kiri warnanya kuning n sambungannya warna kuning strip merah masuk ke kabel body..

6. ambil obeng pipih kacamata lagi, lepas kabel kuning strip merah itu dari rumah soket, setelah lepas, tutup ujung sekun kabel tsb dengan isolasi/kabel bakar, agar aman n gak korslet bila menyantuh rangka..

7. cobain deh idupin lampu..

DONE..

 Originally Posted by schwein-steiger  
akhirnya mesin bisa dimatiin pke engine stop switch n kunci kontak...stlh braniin diri n gambling nentuin titik mana yg kira2 putus kabel,,
berhasil juga,. kabel hitam strip putih ternyata di paralel (di cabang dua) di dlm pipa gede d bwh segitiga. kabel merah juga d paralel.

Warning : bagi yg mo rapihin kabel iseng2,ati2 jgn narik pipa gede d bwh segitiga sembarangan.rawan putus percabangan,kabel merah n kabel hitam strip putih (kabel engine stop).apalagi yg kgk di robek pipa gede ny,kerendem kabel2nya di dlm tu pipa makin empuk robekk....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Best Article