Search

Kamis, 25 November 2010

Trik Sukses Lewati Masa Percobaan!

Berikut Ini adalah hal-hal penting yang harus Anda lewati dari bulan ke bulan agar Anda lolos melewati 'ranjau-ranjau' percobaan:

- Bulan pertama
Pada bulan pertama masa percobaan, Anda wajib mengenal orang-orang yang akan bekerja sama dengan Anda. Dalam hal inl Anda harus bersikap 'pro aktif, jangan cuma diam menunggu orang memberi tahu Anda. Kalau ada hal yang kurang Anda pahami, cobalah untuk bertanya pada rekan-rekan baru Anda atau bahkan bos Anda. Jangan ragu untuk berkumpul dan berbincang-bincang dengan rekan-rekan, misalnya saat makan siang. Ingat, kesuksesan orang dalam pekerjaan bukan semata-mata karena dia pintar tapi juga ditunjang oleh kemampuannya bergaul.

- Bulan kedua
Setelah melewati masa kerja sebulan, rekan-rekan dan bos Anda tentu sudah bisa melihat performa kerja Anda dalam bentuk kongkrit. Memuaskan atau tidaknya hasil kerja Anda, tentu tak akan luput dari penilaian. Seperti apa, pekerjaan yang diharapkan perusahaan, mungkin masih misteri. Maka dibulan kedua ini jangan sekalipun Anda 'lengah'. Jangan sekalipun Anda bolos kerja dan jangan menolak tugas-tugas yang diberikan pada Anda. Dalam mengerjakan tugas, sesuaikan dengan deadline. Sekali Anda bolos atau menolak tugas, penilaian terhadap diri Anda akan minus.

- Bulan ketiga
Memasuki bulan ketiga tentunya Anda harus sudah semakin memahami budaya perusahaan, karakterbos dan rekan-rekan, dan yang penting Anda harus sudah semakin menguasai pekerjaan (job desc) Anda. Di masa inipun Anda harus lebih berani melakukan 'gebrakan'. Tawarkan diri Anda untuk membantu mengerjakan proyek-proyek sulit yang tengah dikerjakan perusahaan. Bergabunglah dengan tim yang handal, Anda bisa belajar lebih banyak dari situ.
Nan bagaimana setelah melewati masa tiga bulan..? Apakah usaha Anda berhenti sampai disitu? Tentu saja tidak! Karena tidak ada kata 'berhenti' untuk terus menggali dan meningkatkan kompetensi diri. Selamanya Anda harus melewati proses. Dan proses itu akan terus berlanjut sampai kapanpun. So, jika Anda berhasil mengaktualisasikan diri selama tiga bulan dan setelahnya, Anda bukan saja akan disahkan sebagai karyawan tetap, tetapi akan cepat mendapatkan promosi jabatan. 
.:: Good luck..! ::.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Best Article