Search

Jumat, 01 Mei 2009

Tips dan Trik Melamar Kerja "bagian 2"

Lamaran yang kita buat memang harus sesingkat mungkin, namun tetap bisa memasukkan semua unsur yang dipelukan seperti disebutkan di atas tadi. Soalnya, pemeriksaan lamaran biasanya dilakukan cepat, serta si pemeriksa hanya melihat hal-hal yang dibutuhkan atau yang jadi persyaratan.

Dengan pertimbangan itu, kemungkinan Anda bisa diterima juga sangat besar, karena menunjukkan kalau Anda merupakan calon pegawai potensial, dengan potensi yang Anda miliki tersebut. Jadi jangan membuat surat lamaran yang membingungkan dengan bermacam-macam keterangan dalam satu bagian.

Setidaknya ada empat bagian penting harus dicantumkan, dan ini surat lamaran yang balk.
Catatan: Tiap kop surat lamaran, biasanya berisi nama, alamat, nomor telepon, serta e-mail. Baru kemudian posisi yang Anda inginnkan.

Panjang
Setiap lamaran/CV sebaiknya jangan sampai melebihi tiga lembar. Lebih baik dua lembar saja. 

Lampiran
Tiap sertifikat ijazah, atau surat-surat referensi tidak perlu dimasukkan dalam surat lamaran. Anda harus menunjukkannya saat datang dalam wawancara. Bila memang ingin melengkapi salah satu dokumen akademik, lampirkan ijasah terakhir serta referensi kerja sekarang
Catatan: Ada beberapa /amp/ran dokumen harus asim, bukan dalam bentuk foto copy dan akan dikembalikan bila telah diperiksa.
Sementara soal pas foto, yang paling populer digunakan selama ini memang seukuran pas foto untuk pasport. Nemun, soal ukuran ini biasanya ditentukan oleh pemasang iklan. Namun, soal ini biasanya tidak menjadi masalah.

Lamaran Lewat E-mail
Dengan berkembangnya internet, lamaran lewat Internet seperti sekarang juga sangat populer. Dan banyak perusahaan di Indonesia saat ini juga menerima lamaran lewat e-mail ini. Untuk lamaran lewat email ini, Anda juga bisa melampirkan seluruh biodata itu lewat e-mail.

Cover Surat
Kerapian serta bentuk surat ternyata menjadi bagian sangat penting. Memang sih, ada sebagian orang yang menganggap bahwa wawancara merupakan bagian paling menetukan, tidak perduli apakah surat lamarannya baik atau jelek. Padahal dengan membuat lamaran bagus serta keterangan jelas dan singkat, merupakan salah satu bukti keseriusan Anda meraih posisi yang diinginkan. Jadi bukan hanya wawancara yang penting, bagaimana bentuk surat lamaran kita juga sangat diperlukan. Kombinasi dari keduanya ini sangat ideal, karena akan menjelaskan Anda sebenar-benarnya.

Nah dalam setiap surat lamaran, selalau ada poin-poin penting yang harus diperhatikan, sebagai patokan yang harus selalu mencantumkan;
Pertama, jelaskan bagaimana Anda mengetahui lowongan ini.
Berikan penjelasan singkat mengapa Anda tertarik merih posisi itu, dan kenapa percaya dengan kepamampuan yang Anda miliki.

Mintalah untuk wawancara langsung secara pribadi.
Informasi tentang bagaimana Anda bisa dihubungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Best Article